Powered By Blogger

Selasa, 14 Februari 2012

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet (oleh danang cahya C.M)

Banyak orang yang tidak mengetahui seberapa cepat koneksi internetnya, dan apa saja yang mempengaruhi kecepatan akses internetnya.
Jika komputer anda dirumah atau di tempat anda bekerja terhubung atau terkoneksi dengan internet, berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan akses internet anda :
  1. Kecepatan yang diberikan / ditawarkan ISP yang anda gunakan.
  2. Biasanya ISP (Internet Services Provider) memberikan beberapa penawaran tentang paket internetnya dengan kecepatan dan ketentuan yang berbeda satu sama lainnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  3. Jenis dari koneksi internet yang anda gunakan
    Perlu diketahui bahwa banyak cara agar kita dapat terhubung (terkoneksi) dengan internet, berikut ini adalah beberapa jenis koneksi yang biasa dipakai di Indonesia secara umum : 
    • Dial Up : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem biasa
    • ADSL     : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem ADSL, jenis koneksi ini lebih cepat dari Dial Up
    • GPRS     : melalui modem Handphone atau mobile modem atau modem GSM atau CDMA, tidak begitu cepat dibandingkan dengan ADSL Modem
    • Wireless: melalui Jaringan Wireless yang disediakan ISP, koneksi ini lebih cepat dari ADSL Modem tergantung dari berapa kecepatan yang diberikan ISP dan kemampuan perangkat wireless anda menangkap sinyal
    • dst,,
  4. Komputer yang anda gunakan
  5. Komputer yang anda gunakan juga mempengaruhi kecepatan akses internet, semakin bagus spesifikasi komputer yang anda gunakan semakin baik koneksi internet anda.
  6. Sistem komputer anda
  7. Sistem pada komputer yang anda gunakan juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, seperti Operating System yang anda gunakan, sistem keamanan pada komputer anda terhadap serangan dari internet seperti trojan, virus, worm, dsb. Perlu diketahui sistem yang bersih akan berpengaruh pada kecepatan akses internet.
  8. Aplikasi browser yang anda gunakan.
  9. Aplikasi / program / software yang anda gunakan untuk browsing di internet juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, ada banyak sekali aplikasi browser saat ini, pilihlah yang menurut para peneliti di internet browser tersebut cepat dan aman. Contohnya : Internet Explorer 8, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape, Maxthon dan lain-lain.

TOPOLOGI JARINGAN (oleh helga ayu S)

Topolgoi Bus

bus 
bus
Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya. Topologi ini seringkali dijumpai pada sistem client/server, dimana salah satu mesin pada jaringan tersebut difungsikan sebagai File Server, yang berarti bahwa mesin tersebut dikhususkan hanya untuk pendistribusian data dan biasanya tidak digunakan untuk pemrosesan informasi. Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.
* Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.)

Topologi Star/Bintang


star 
star
Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
Kelebihan
* Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
* Tingkat keamanan termasuk tinggi.
* Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
* Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan
* Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.

Topologi Ring/Cincin

ring 
ring
Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

Topologi Mesh

mesh 
mesh
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

Topologi Tree

tree 
tree
Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

Topologi Linier


linier 
linier
Jaringan komputer dengan topologi linier biasa disebut dengan topologi linier bus, layout ini termasuk layout umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi (komputer) yang dihubungkan dengan konektor yang disebut dengan T Connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator. Konektor yang digunakan bertipe BNC (British Naval Connector), sebenarnya BNC adalah nama konektor bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Coaxial Thinnet). Installasi dari topologi linier bus ini sangat sederhana dan murah tetapi maksimal terdiri dari 5-7 Komputer.
Tipe konektornya terdiri dari
1. BNC Kabel konektor —> Untuk menghubungkan kabel ke T konektor.
2. BNC T konektor —> Untuk menghubungkan kabel ke komputer.
3. BNC Barrel konektor —> Untuk menyambung 2 kabel BNC.
4. BNC Terminator —> Untuk menandai akhir dari topologi bus.
Keuntungan dan kerugian dari jaringan komputer dengan topologi linier bus adalah :
* Keuntungan, hemat kabel, layout kabel sederhana, mudah dikembangkan, tidak butuh kendali pusat, dan penambahan maupun pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan.
* Kerugian, deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, kepadatan lalu lintas tinggi, keamanan data kurang terjamin, kecepatan akan menurun bila jumlah pemakai bertambah, dan diperlukan Repeater untuk jarak jauh.

Bagian Dari Sisi Lain Internet (Andah L. D.)

1. Project adalah sebuah layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan jaringan konten negatif. Hasil atau produk dari project adalah DNS Nawala Project. DNS Nawala akan membawa konten negatif dan berbahaya ke dalam data base oleh TIM Nawala Project.
Dan ini adalah cara yang tepat untuk mengaktifkan Project dari komputer adalah:
1. Pilih Control Panel.
2. Klik Network Connection.
3. Klik Kanan pada koneksi yang akan diaktifkan DNS Nawala.
4. Pilihlah Internet Protokol dan klik properties.
5. Klik radio button pada use the following DNS Server Address dan ketika alamat DNS Nawala keluar Profesional DNS Server dan Neterature DNS tersebut.
6. Klik Oke.
2. Wizard adalah Layanan sebuah komputer yang akan mengecilkan sebuah program untuk bisa dijadikan sebagai aplikasi yang bisa digunakan. Wizard juga bisa dikatakan sebagai program yang bisa memperkecil dan juga bisa menjadikan sebagai program yang disukai oleh komputer yang dimiliki oleh setiap efeknya tersebut. Wizard juga berfungsi dan juga digunakan untuk memperindah dan juga memberikan program yang terdahulu besar menjadi lebih kecil.
3. Sound and Time adalah sebuah program yang digunakan untuk bisa mendengarkan musik dengan cara mengatur waktu yang sudah ditentukan oleh program yang dibuatnya. Sound sendiri adalah suatu sistem efek dari volume atau efek suara yang digunakan dalam komputer sedangkan Time adalah waktu yang digunakan untuk bisa memberikan waktu berakhirnya suara yang akan dibunyikan tersebut.
4.  Botton untuk Hyperlink adalah suatu yang digunakan untuk bisa menyelagunakan situs yang berbeda tujuan namun bisa digunakan dengan salah satunya tersebut. Botton ini juga diberikan efek Html yang digunakan untuk menggunakan dengan cara yang disesuai caranya sendiri. Contoh dari Botton untuk Hyperlink adalah <input type=botton onclick=”location.href=”index.html”"value=’click here’> ini adalah rumus yang bisa digunakannya.
Keterangannya:
1. Type= Botton (Link Botton.)
2. On Click  (Tentang event dari effect apabila tombol ini diclick.)
3. Value=’click here’ (Menjelaskan text yang ditampilkan untuk Botton.)
4. Title=’klik disini’ (Text yang akan muncul apa bila painter mouse didekatkan ke tombol botton.)


5. Hyperlink adalah suatu cara menghubungkan alamat satu situs dengan situs yang lainnya dengan cara alamat situs tersebut diteks atau digambarkan kepada rumus tersebut. Hyperlink ini juga memberikan dampak yang juga memberikan situs yang lainnya bisa tampil dan juga bisa menjadi hal yang terbaik untuk menyatukan situs tersebut. Contoh dari Hyperlink adalah ada 2 cara yaitu Link Biasa dan Link Baru.
a. Link Biasa (<a href=”http//www.data.com”></a>)
b. Link Baru (<a href=”http//www.data.com”target=”_blank”>other</a>)
6. Custom Animasi adalah suatu Icon yang digunakan untuk mencetak animasi dan juga tampilan yang diberikan dalam hal yang sudah ada didalamnya sebuah kontak yang digunakan dalam pembuatan custom animasi yang sudah tersedia didalam program Ms. Power Point. Custom juga diberikan sebagai pengiasan yang didampakkan oleh Power Point Tersebut.

Workshop internet (Andah L. D.)

  • . NEWSGROUP adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps f. FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP) adalah fasilitas untuk mengi rim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll. g. TELECONFERENCE adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, shg seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconfe-rence harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP. Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau perte-muan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung. h. INTERNET TELEPHONY yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dgn suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walapun dilakukan secara SLJJ atau SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk dll. i . INTERNET FAX Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faksimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak. 2. MANFAAT INTERNET Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: (1) Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. (2) Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi. d. KEGUNAAN INTRANET Bila kita melakukan akses di internet banyak sekali keuntungan yang dapat kita peroleh. Berikut beberapa kegunaan dari akses internet antara lain tercantum pada uraian di bawah ini:1) Produktivitas kerja Internet membantu pennguna untuk melakukan informasi secara cepet menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerja dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang di perlukan2) Efisiensi waktu Dengan intrenet, oraganisasi / perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepeda para anggota/karyawan dimana anggota/krayawan dapat mengakses informasi yang sesuai untuk mereka sekaligus. Hal ini lebih efekti daripada memberikan informasi melalui mail kepada setiap anggota karyawan
  • Komunikasi Internet memberikan fasilitas yang memungkinkan komunkasi efektif di dalam sebuah organisasi, baik secara vertical ( bawahan-atasan ) maupun horizontal (antaranggota/karyawan). Dengan koomunikasi melalui internet tersebut, para staf mengtahuikebijakan terbaru yang di tempuh oleh organisasi/perusahaannya4) Evektivitas biaya Pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser, sehingga tidak perlu membaca data fisik seperti buku manual, lembar daftar telepon, maupun lembaran daftar pemerintah5) Keseragaman informasi Internet menjamin keseragaman informasi yang di terima karna semua pengguna melihat informasi yg sama di internet6) Meningkatkan keja sama Dengan informasi yg mudah diakses oleh semua pengguna resmi(internal) kualitas kerja tim akn meningkat e. KELEMAHAN/ KEKURANGAN 1) informasi yg salah atau tidak sesuai dapat juga beredar melalui internet sehingga mengurangi efektifitasnya 2) dalam perkembangan interaksi internet, ada juga kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yg kurang sesuai dengan etika atau norma(kasar atau kurang sopan) dalam hal in harus ada keseimbangan anatara memanfaatkan kebebasan dan tanggung jawab moral untuk memajuka organisasi/perusahaan 3)diperlukan pelatihan (traning) untuk mendidik anggota/ karyswan untuk menggunakan intranet 4) diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah oraganisasi atau perusahan 5) pertimbangan keamanan data merupakan pemikiran utama karna pengguna bisa saja mengirimkan pesan yg sensitifi (menyinggung karyawan lain / atasannya) yang dapat terlihat oleh yg bersangkutan 6) jika tidak dikontrol dengan baik dapat terjadi overload (data penuh) karna bebasnya pengiriman pesan antar pengguna
  • 5. Jaringan komputer Jaringan computer merupakan hubungan antarkomputer yang berjumlah 2 atau lebih. Jaringan kompuuter lahir pada tahun 1940-an di amerika dari sebuah beroyek pengembangan computer di laboratorium bell oleh group riset Harvard university yang dipimpin oleh professor H.aken.komputer ya bersifat stand alone atau berdiri sendiri mempunyai banyak keterbatasan Contoh :dengan ada jaringan computer tidak perlu lagi satu computer memiliki satu printer,tapi dengan satu printer dapat digunakan oleh beberapa computer TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri1. Topologi BUS Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: Kerugian: - Hemat kabel - Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil - Layout kabel sederhana - Kepadatan lalu lintas - Mudah dikembangkan - Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi. - Diperlukan repeater untuk jarak jauh 2. Topologi Ring Topologi RING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: Kerugian: - Hemat kabel - Peka kesalahan - Pengembangan jaringan lebih kaku 3. Topologi Star Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: - Paling fleksibel - Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain - Kontrol terpusat - Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan - Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian: - Boros kabel - Perlu penanganan khusus - Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
  •  Topologi Peer-to-peer Network Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan Protokol jarinagan Jarinagan diorganisasi sebagai suatu tumpukan lapisan(layar). Tujuan tiap lapisan adalah memberikan layanan kepada lapisan yang berada diatas. Misalnya lapisan 1 memberi layanan terhadap lapisan 2. Masing-masing lapisan memiliki protocol. Protocol adalah aturan suatu “percakapan” yang dapat dilakukan. Protocol mendefinisikan format, ukuran pesan yang dikirim dan di terima antar system pada jaringan dan meelakukan operasi pengiriman dan penerimaan pesan. Protokol lapisan n pada satu mesin akan berbicar N, harus menggunakan protocol yang sama. Misalnya protocol lapisan 3 adalah ip , maka aka nada perrtukaran data secara virtual dengan protocol lapisan 3 yaitu IP, pada stasiun lain Ada berbagai saluran telekmunikasi yang dapat di gunakan untuk mengakses interner, seperti:1. Telepon rumah Computer yg akan di koneksikan dengan internet di hubungkan dengan saluran telepon atau dikenal dengan dial up.2. Menggunakan jaringan GPRS Koputer dapat di koneksiakan dengan internet dengan menggunakan GPRS. Perangkat tambahan yg digunakan adalah telepn seluler, sim card yg menyediakan layanan GPRS kecepatan transver data dapat mencapai 115kbps3. Menggunakan WIFI Wifi merupankan teknologi tanpa kabel yg berkerja seperti telepon seluler didalam dan di luar rumah , tetapi masih dalam radius jarak dari base station4. Menggunakan teknologi WAP WAP adalah sebuah protocol yg memungkinkan para penguna ponsel dapat mengakses internet dengan menggunakan built in browser pada ponsel.5. ISDN ISDN merupakan layanan telepon digital yang bisa mengakses internet dengan kecepatan 128kbps6. ADSL Disebut asymmetric karna kecepatan untuk kirim data (upload) berada dengan kecepatan untuk menerima data (download).7. HDSL HDSL merupakan system yang memungkinkan trasmisi data berkecepatan tinggi, 1,544Mbps hingga 1,048Mbps dengan menggunakan saluran kawat twistd pair.8. SDSL
  • Disbut symmetric karna kecepatan aliran data untuk upload sama denagan kecepatan aliran data untuk download9. VDSL VDSL dapat mengirim data dengan keceptan 1,6 Mbps dan menerima denagan kecepatan 25 Mbps pada jarak 900 M.10. VSAT VSAT adalah suatu teknologi komunikasi yang menghubungkan antara suatu titik dengan titik lain mealui satelit sebagai pemancarnya. Kecepatan akses dan perangkat keras internet dan intranetA. Kecepatan akses interet Kecepetan akses internet dapa di ukur dengan bandwidth (lebar pita).Bandwidthmerupakan banyak informasi yang mangalir tiap satuan waktu atau besarnya kapasitas koneksi internet untuk transfer data. Bandwidth dapat menunjukan kecepetan data analog maupun digital. Satuan yang biasa di gunakan untuk bandwidth adalah bit per second (bps), demikina pula 1 mega bit/s (Mbps) sama dengan 1000 kbps (ingan bahwa bit berbeda dengan byte, di mana 1 byte = 8 bit, satuan byte di lamabangkan dengan huruf capital B, dan 1kilobytes= 1024 bytes) Konsep bandwidth sangan penting dalam jaringan tetapi mempunyai keterbatasan pada panjang atau jangkauwan media/kabel yang digunakan dan kecepatan maksimal transmisi pada kabel/media tersebut dalam kabel berikut ini di tunjugan beberapa media/kabel, jangkauan maksimum, dan kecepatan transmisinya .B. Saluran-saluran akses internet dan kecepatan aksesnya Ada beberapa cara untuk mengakses internet, salah satunya dengan menghubungkan computer ini perlu menyapkan computer yang telah terhubung dengan internet. Dalam hal ini kita perlu mendapatkan izin administrator jaringan tersebut dan melakukan setting pada computer kita setelah terhubung dengan jaringan itu . Ada berbagai saluran telekmunikasi yang dapat di gunakan untuk mengakses interner, seperti:1. Telepon rumah Computer yg akan di koneksikan dengan internet di hubungkan dengan saluran telepon atau dikenal dengan dial up.2. Menggunakan jaringan GPRS Koputer dapat di koneksiakan dengan internet dengan menggunakan GPRS. Perangkat tambahan yg digunakan adalah telepn seluler, sim card yg menyediakan layanan GPRS kecepatan transver data dapat mencapai 115kbps3. Menggunakan WIFI Wifi merupankan teknologi tanpa kabel yg berkerja seperti telepon seluler didalam dan di luar rumah , tetapi masih dalam radius jarak dari base station4. Menggunakan teknologi WAP WAP adalah sebuah protocol yg memungkinkan para penguna ponsel dapat mengakses internet dengan menggunakan built in browser pada ponsel.5. ISDN ISDN merupakan layanan telepon digital yang bisa mengakses internet dengan kecepatan 128kbps6. ADSL
  • 8. Disebut asymmetric karna kecepatan untuk kirim data (upload) berada dengan kecepatan untuk menerima data (download).7. HDSL HDSL merupakan system yang memungkinkan trasmisi data berkecepatan tinggi, 1,544Mbps hingga 1,048Mbps dengan menggunakan saluran kawat twistd pair.8. SDSL Disbut symmetric karna kecepatan aliran data untuk upload sama denagan kecepatan aliran data untuk download9. VDSL VDSL dapat mengirim data dengan keceptan 1,6 Mbps dan menerima denagan kecepatan 25 Mbps pada jarak 900 M.10. VSAT VSAT adalah suatu teknologi komunikasi yang menghubungkan antara suatu titik dengan titik lain mealui satelit sebagai pemancarnya. TATA CARA AKSES INTERNET A . ISP Internet Servicee Provider adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan jasa asks ke internet baik untuk personal maupun corporate, untuk computer pribadi atau bentuk jaringan. Jenis-jenis koneksi yang di berikan ISP adalah sebagai berikut: IP Conenection Jika semua hardware dan soft ware yang kita punya ngin secara langsung terkoneksi ke internet maka kita harus menggunakan IP address Dial-up connection Jika kita menggunakannya modem untuk dial ke ISP supaya mendapatkan koneksi ke internet,maka hal itu di sebut akses dial-up Berdasarkan sifatnya,ISP di bagi menjadi dua yaitu:1. ISP Tertutup ISP tertutup adalah ISP yang memberikan layanan akses internet hanya pada jaringan lokal dalam lembaga yang bersangkutan. 2. ISP Terbuka ISP terbuka adalah ISP yang memerikan layanan akses internet untuk masyarakat luas. Di Indonesia ada beberapa ISP yang menyediakan layanan interne

Jenis & Fungsi Perangkat Keras Komputer(Selvia Ariyanti)



Jenis dan Fungsi Perangkat Keras Komputer
Wihans Web Indonesia [ wihans.info ] : Sebuah komputer atau Personal Computer (PC) sejatinya terdiri dari dua perangkat:perangkat keras dan perangkat lunak. Secara sederhana, perangkat keras dapat diartikan sebagai perangkat yang dapat disentuh, dilihat, dan diraba. Perangkat lunak adalah sebaliknya. Tak dapat dilihat, disentuh, maupun diraba.
Kedua perangkat keras tersebut memiliki kegunaan dan fungsi serta posisi yang sangat vital bagi sebuah komputer. Tanpa kehadiran salah satu dari keduanya, maka sebuah komputer akan tidak dapat berfungsi dengan baik.
Perangkat keras komputer sangat beragam. Jumlahnya di dalam sebuah komputer ada belasan. Bahkan bisa puluhan. Namun perangkat keras yang sering digunakan atau pengguna awam komputer ketahui mungkin ada beberapa saja. Sebut saja tetikus, papan ketik, monitor, headset, atau flashdisk.
Sebuah perangkat keras di dalam komputer menyangkut hal yang kecil sekalipun. Misalkan saja papan sirkuit, RAM, ROM, dan masih banyak lagi. Bagi Anda pengguna komputer dan PC yang baru saja mengenal sebuah komputer, mungkin ulasan berikut berguna dalam memerdalam pengetahuan tentang jenis dan fungsi perangkat keras komputer.
Perangkat Keras Input Decive
Perangkat keras input device atau unit masukkan adalah jenis perangkat keras yang dipergunakan untuk memasukkan perintah dari data luar ke dalam sebuah memori atau processor. Data tersebut kemudian diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras input device antara lain sebagai berikut.
Perangkat keras papan ketik atau sering disebut sebagai keyboard adalah perangkat keras yang digunakan sebagai media pemasukkan data (input) serta perintah yang diperlukan dalam aktivitas komputer. Fungsi sebuah papan ketik sangat penting dan vital. Tak hanya dalam aktivitas mengetik atau menulis. Namun semua perintah yang dimasukkan ke dalam komputer didominasi dari papan ketik.
Perangkat keras mouse atau tetikus bisa dikatakan sebagai tangannya komputer. Dengan sebuah tetikus maka komputer dapat ‘digerakkan’. Tetikus dapat digulirkan sesuai dengan arah yang diinginkan. Perintah dalam tetikus terdeteksi dari aktivitas klik yang dilakukan. Klik terjadi pada obyek yang ditunjuk. Biasanya action akan terjadi pada klik kiri dan option akan dilakukan pada klik kanan. Tetikus juga dilengkapi dengan fitur gulung atau scroll.
Perangkat keras touchpad adalah bentuk lain dari tetikus. Touchpad sering ditemui di berbagai notebook, netbook, atau laptop. Fungsi dari touchpad hampir sama dengan tetikus: sebagai tangannya komputer. Klik kiri, kanan, dan aktivitas ‘menggulung’ juga tersedia di perangkat keras touchpad.
Perangkat keras light pen sering digunakan untuk memodifikasi grafis atau menggambar obyek dengan tingkat kesulitan tertentu. Mengapa sulit? Sebab aktivitas ini tak dapat dilakukan dengan tetikus. Perintah yang dimasukkan tidak dapat secara maksimal atau tidak nyaman bila dilakukan dengan mouse atau papan ketik.
Perangkat keras joy stcik adalah jenis perangkat keras yang sering digunakan dalam bermain game. Fungsinya hampir sama dengan perangkat keras di atas, yakni mengirimkan perintah atau sinyal yang akan dialirkan ke dalam komputer. Tanpa sebuah joy stick, bermain game tetap dapat dilakukan. Namun terkadang tidak nyaman apabila menggunakan tetikus atau papan ketik.
Perangkat keras scanner adalah perangkat keras yang dipergunakan untuk memindai berkas. Berkas yang dipindai atau di-scan nantinya akan dimasukkan ke dalam komputer. Biasanya berkas yang dipindai berupa dokumen, foto, atau gambar.
Perangkat keras headset digunakan untuk mengirimkan sinyal suara dari dan ke komputer. Umumnya dipakai dalam menengarkan musik atau aktivitas mengobrol secara daring atau chatting.
Perangkat Keras Process Device
Perangkat keras process device adalah perangkat keras unit pemrosesan. Perangkat keras ini berfungsi sebagai sumber daya komputer agar dapat menyala, digunakan, beroperasi, dan berfungsi dengan baik. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
Perangkat keras power supplay berfungsi sebagai alat untuk mengonversi listrik dan penyedia tenaga serta tegangan aliran listrik bagi komputer. Besarnya power supply yang digunakan tergantung daya komputer itu sendiri. Bisa 300-400 watt atau 400-500 watt.
Perangkat keras Random Acces Memory (RAM) adalah perangkat keras dalam komputer yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara. Komputer bekerja akan memiliki memori sementara yang akan disimpan dan kemudian disuplai pada processor dan diolah dengan cepat sehingga menghasilkan sebuah informasi.
Perangkat keras kartu grafis memiliki fungsi sebagai alat yang menciptakan serta menampilkan tampilan grafis dalam sebuah layar komputer. Kartu grafis juga memiliki guna untuk menangkap video serta adaptor pada TV, mengurai berkas video seperti MPEG-2 dan MPEG-4, FireWare, serta penghubung beberapa layar.
Perangkat keras processor memiliki fungsi untuk pengeksekusi perintah kompleks dalam komputer. Processor kerap disebut sebagai otaknya komputer.
Perangkat keras motherboard adalah induk serta papan sirkuit dari pelbagai beberapa komponen papan elektronika yang saling terhubung dalam sebuah komputer. Pendek kata, dalam sebuah motherboard ada beberapa macam perangkat keras: harddisk, RAM, processor, kartu grafis, dan lain sebagainya.
Perangkat Keras Output Device
Perangkat keras ini memiliki fungsi sebagai unit keluar dari berbagai perintah yang dimasukkan. Bisa dibilang, perangkat keras ini adalah kebalikan dari perangkat keras input device. Perangkat keras unit keluaran antara lain sebagai berikut.
Perangkat keras monitor bisa dibilang sebagai wajahnya komputer. Monitor akan menampilkan gambar serta teks bahkan video terkait dengan perintah yang dimasukkan dalam komputer. Monitor memiliki resolusi atau ketajaman. Jenisnya sekarang beragam. Ada yang cembung, cekung, memiliki tabung, dan yang paling canggih layar datar, tipis, atau menggunakan teknologi LED.
Perangkat keras printer memiliki fungsi sebagai alat cetak dari perintah teks yang telah dikirimkan untuk diubah menjadi sebuah tulisan maupun gambar dalam selembar kertas. Untuk jenis printer sekarang ada beragam. Ada printer dot metrix, link jet, maupun laser jet. Sekarang tak hanya kertas yang mampu untuk di-print. Hampir semua media dapat di-print-kan. Sebut saja kaos, gelas (mug), maupun benda lainnya.
Perangkat keras speaker memiliki fungsi untuk mengubah perintah dari sinyal elektrik menjadi sebuah audio atau suara. Suara terbentuk akibat speaker menggetarkan komponennya yang berupa sebuah selaput.
Perangkat Keras Penyimpanan
Perangkat keras penyimpanan memiliki fungsi sebagai media penyimpanan dalam komputer. Data yang tersedia atau digunakan dapat dipakai lagi secara suka-suka atau sewaktu-waktu. Untuk menyimpannya, maka dibutuhkan sebuah media penyimpanan. Di dalam komputer biasanya disebut harddisk. Media penyimpanan eksternal akan dikenal dengan flashdisk serta harddisk external.
Perangkat Keras Unit Tambahan
Jenis perangkat keras ini biasanya tidak terdapat di dalam sebuah komputer namun seringkali digunakan oleh pengguna komputer ketika membutuhkan fungsi lebih. Di antaranya sebagai berikut.
Perangkat keras modem memiliki fungsi sebagai jembatan yang menghubungkan komputer dengan internet. Modem biasanya akan dijumpai dalam dua bentuk: modem dengan kabel dan nirkabel. Modem dengan kabel umumnya akan menggunakan jasa Internet Service Provider (ISP). Sementara yang tanpa kabel akan menggunakan alat yang menyerupai flashdisk.
Perangkat keras webcam adalah kamera tambahan yang sering digunakan untuk aktivitas video call. Biasnya webcam akan tersedia atau terintegrasi di laptop, netbook, atau notebook. Namun untuk personal computer, keberadaan webcam adalah eksternal atau harus ditambahkan secara manual.

Perangkat Keras Komputer Hardware beserta Fungsi dan Pengertiannya(Selvia Ariyanti)

Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)

Perangkat Keras Komputer (Hardware dan Pengertianya) -Jika sebelumnya merahitam membahas tentang pengertian komputer maka kali ini akan bersambung pada penjelasan perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya,  dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware,  karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum. Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
1. Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
http://buatberbagisaja.files.wordpress.com/2011/07/processor.jpg?w=300
2. Papan induk (motherboard)
adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
http://buatberbagisaja.files.wordpress.com/2011/07/motherboard.jpg?w=300
3. Chipset
Komponen pada motherboard yang yang satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, north bridge dan south bridge.
Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada motherboard. Dua buah chipset yang biasanya ada pada motherboard sendiri punya tugas yang berbeda satu dengan yang lain.
Chip pada north bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus AGP, dan memori utama sistem. Sementara, chip yang south bridge mengatur aliran data dari peranti input output, bus PCI, interface harddisk, dan floppy, serta peranti eksternal lainnya. Berhubung chip north bridge lebih vital kerjanya dibanding south bridge, tak heran jika chip inilah yang dipasangi heatsink, fan, ataupun kombinasi heatsink dan fan oleh pabrik pembuatnya.
4. AGP
Singkatan dari Accelerated Graphics Port. Fungsinya adalah menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuannya untuk mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama. Datang dengan berbagai cita rasa, saat ini kebanyakan motherboard menyertakan bus AGP 4X yang bekerja pada frekuensi 266MHz. Untuk sekarang ini, port AGP ini baru digunakan buat memasang kartu grafis yang notabene lebih cepat ketimbang memakai bus PCI. Akan tetapi, beberapa motherboard terbaru sudah menyertakan port AGP Pro yang bisa dipasangi baik kartu grafis berbasis AGP 4X maupun yang berbasis AGP Pro sendiri
http://buatberbagisaja.files.wordpress.com/2011/07/agp.jpg?w=300
5. Soket Memori
Soket ini merupakan tempat untuk menempatkan memori pada motherboard. Soket memori memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard memiliki slot sebanyak 3 atau 4 buah, tergantung dari chipset yang digunakan. Untuk memori SDRAM, soket DIMM yang harus dimiliki adalah soket 168 pin, sementara untuk memori jenis DDR, soket yang dipasang adalah soket 184 pin.
http://buatberbagisaja.files.wordpress.com/2011/07/memory.jpg?w=300
6. Soket Prosesor
Merupakan tempat untuk menaruh prosesor. Kalau jaman dahulu, masih ada pilihan lain selain sistem soket yaitu sistem slot. Namun, setelah era PentiumIII generasi kedua, tipe slot ini kemudian ditinggalkan lantaran ongkos produksinya yang lebih mahal ketimbang memakai soket. Untuk urusan soket prosesor ini, pilihlah motherboard dengan soket prosesor yang tepat. Soket 370 untuk prosesor Intel PentiumIII dan Celeron, soket A untuk prosesor AMD Athlon dan Duron, serta soket 423/478 untuk prosesor Pentium4.

7. CMOS
Singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang mendayainya masih bagus.

8. Soket Catu Daya (power supply, fan)
Fungsinya untuk menyuplai tenaga kepada semua komponen yang tersambung pada motherboard. 
9. Konektor Casing
Berfungsi untuk menyambungkan tombol/ saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.

10. Paralel Port
Untuk Menghubungkan Printer

11. USB Port
Untuk menghubungkan device yang mensupport Usb,
seperti: Flashdisk, mouse&keyboard USB, harddisk External, Kabel data, Dan perangkat lainnya

Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya(Selvia Ariyanti)

Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya

Computer Hardware
Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya - Kemaren rencananya saya mau membeli komputer atau laptop, ragu juga memilihnya, laptop mudah dibawa-bawa alias mobilitas tinggi sedangkan komputer (PC) bisa di gonta-ganti onderdilnya dengan mudah tapi mobilitas nol. Karena hoby saya oprek-oprekan maka saya cobalah melihat jeroan dari PC alias Perangkat Keras Komputer. Dengan google kerja menjadi mudah, ini ada sedikit tentang Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya yang saya rangkum dari berbagai sumber, kebetulan yang akan di share hanya perangkat keras komputer untuk pemakaian pribadi bukan untuk pemakaian kantoran:
A. CPU (Central Processing Unit)
Central Processing Unit jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Perangkat keras yang biasanya terdapat pada CPU, adalah:
A.1. Hardisk
Harddisk drive (HDD) merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Adayang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB), 80 GB, 160 GB, dan 320 GB. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte.
A.2. Floppy Disk Drive
Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.
Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.
A.3. CD-ROM drive
CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utamayang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
A.4. Prosesor
Nah, inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. Saat ini prosesoryang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.
A.5. Memori
Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jikakomputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.
A.6. Kartu Grafis (VGA Card)
Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.
A.7. Kartu Suara (Soundcard)
Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game, perangkat ini sangat bermanfaat. Suaranya bisa stereo, surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi, sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcardyang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard.
A.8. Motherboard
Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatankomputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
B. Perangkat Input Komputer
B.1. Keyboard

Keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer.
B.2. Mouse

Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol. Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layar. Mouse secara significant dapat mereduksi input yang imasukkan oleh pemakai melalui serangkaian pengetikan perintah pada keyboard dengan mengklik pada tombol mouse atau item yang tampil pada layar monitor.
C. Perangkat Output
C.1. Monitor
Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik. Monitors mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15", 17" dan lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inch), maka semakin mahal, dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Monitor memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik). Monitor dengan resolusi screen yang lebih tinggi semisal 1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar missal 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi semisal 72Hz, untuk mencegah tampilan gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering).
C.2. Printer

Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer. Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and white). Printer berwarna lebih lambat dan lebih mahal daripada printer hitam putih. Juga teknologi yang digunakan untuk mencetak informasi pada kertas bervariasi tergantung tipe printer.