Selasa, 14 Februari 2012

Jenis & Fungsi Perangkat Keras Komputer(Selvia Ariyanti)



Jenis dan Fungsi Perangkat Keras Komputer
Wihans Web Indonesia [ wihans.info ] : Sebuah komputer atau Personal Computer (PC) sejatinya terdiri dari dua perangkat:perangkat keras dan perangkat lunak. Secara sederhana, perangkat keras dapat diartikan sebagai perangkat yang dapat disentuh, dilihat, dan diraba. Perangkat lunak adalah sebaliknya. Tak dapat dilihat, disentuh, maupun diraba.
Kedua perangkat keras tersebut memiliki kegunaan dan fungsi serta posisi yang sangat vital bagi sebuah komputer. Tanpa kehadiran salah satu dari keduanya, maka sebuah komputer akan tidak dapat berfungsi dengan baik.
Perangkat keras komputer sangat beragam. Jumlahnya di dalam sebuah komputer ada belasan. Bahkan bisa puluhan. Namun perangkat keras yang sering digunakan atau pengguna awam komputer ketahui mungkin ada beberapa saja. Sebut saja tetikus, papan ketik, monitor, headset, atau flashdisk.
Sebuah perangkat keras di dalam komputer menyangkut hal yang kecil sekalipun. Misalkan saja papan sirkuit, RAM, ROM, dan masih banyak lagi. Bagi Anda pengguna komputer dan PC yang baru saja mengenal sebuah komputer, mungkin ulasan berikut berguna dalam memerdalam pengetahuan tentang jenis dan fungsi perangkat keras komputer.
Perangkat Keras Input Decive
Perangkat keras input device atau unit masukkan adalah jenis perangkat keras yang dipergunakan untuk memasukkan perintah dari data luar ke dalam sebuah memori atau processor. Data tersebut kemudian diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras input device antara lain sebagai berikut.
Perangkat keras papan ketik atau sering disebut sebagai keyboard adalah perangkat keras yang digunakan sebagai media pemasukkan data (input) serta perintah yang diperlukan dalam aktivitas komputer. Fungsi sebuah papan ketik sangat penting dan vital. Tak hanya dalam aktivitas mengetik atau menulis. Namun semua perintah yang dimasukkan ke dalam komputer didominasi dari papan ketik.
Perangkat keras mouse atau tetikus bisa dikatakan sebagai tangannya komputer. Dengan sebuah tetikus maka komputer dapat ‘digerakkan’. Tetikus dapat digulirkan sesuai dengan arah yang diinginkan. Perintah dalam tetikus terdeteksi dari aktivitas klik yang dilakukan. Klik terjadi pada obyek yang ditunjuk. Biasanya action akan terjadi pada klik kiri dan option akan dilakukan pada klik kanan. Tetikus juga dilengkapi dengan fitur gulung atau scroll.
Perangkat keras touchpad adalah bentuk lain dari tetikus. Touchpad sering ditemui di berbagai notebook, netbook, atau laptop. Fungsi dari touchpad hampir sama dengan tetikus: sebagai tangannya komputer. Klik kiri, kanan, dan aktivitas ‘menggulung’ juga tersedia di perangkat keras touchpad.
Perangkat keras light pen sering digunakan untuk memodifikasi grafis atau menggambar obyek dengan tingkat kesulitan tertentu. Mengapa sulit? Sebab aktivitas ini tak dapat dilakukan dengan tetikus. Perintah yang dimasukkan tidak dapat secara maksimal atau tidak nyaman bila dilakukan dengan mouse atau papan ketik.
Perangkat keras joy stcik adalah jenis perangkat keras yang sering digunakan dalam bermain game. Fungsinya hampir sama dengan perangkat keras di atas, yakni mengirimkan perintah atau sinyal yang akan dialirkan ke dalam komputer. Tanpa sebuah joy stick, bermain game tetap dapat dilakukan. Namun terkadang tidak nyaman apabila menggunakan tetikus atau papan ketik.
Perangkat keras scanner adalah perangkat keras yang dipergunakan untuk memindai berkas. Berkas yang dipindai atau di-scan nantinya akan dimasukkan ke dalam komputer. Biasanya berkas yang dipindai berupa dokumen, foto, atau gambar.
Perangkat keras headset digunakan untuk mengirimkan sinyal suara dari dan ke komputer. Umumnya dipakai dalam menengarkan musik atau aktivitas mengobrol secara daring atau chatting.
Perangkat Keras Process Device
Perangkat keras process device adalah perangkat keras unit pemrosesan. Perangkat keras ini berfungsi sebagai sumber daya komputer agar dapat menyala, digunakan, beroperasi, dan berfungsi dengan baik. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
Perangkat keras power supplay berfungsi sebagai alat untuk mengonversi listrik dan penyedia tenaga serta tegangan aliran listrik bagi komputer. Besarnya power supply yang digunakan tergantung daya komputer itu sendiri. Bisa 300-400 watt atau 400-500 watt.
Perangkat keras Random Acces Memory (RAM) adalah perangkat keras dalam komputer yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara. Komputer bekerja akan memiliki memori sementara yang akan disimpan dan kemudian disuplai pada processor dan diolah dengan cepat sehingga menghasilkan sebuah informasi.
Perangkat keras kartu grafis memiliki fungsi sebagai alat yang menciptakan serta menampilkan tampilan grafis dalam sebuah layar komputer. Kartu grafis juga memiliki guna untuk menangkap video serta adaptor pada TV, mengurai berkas video seperti MPEG-2 dan MPEG-4, FireWare, serta penghubung beberapa layar.
Perangkat keras processor memiliki fungsi untuk pengeksekusi perintah kompleks dalam komputer. Processor kerap disebut sebagai otaknya komputer.
Perangkat keras motherboard adalah induk serta papan sirkuit dari pelbagai beberapa komponen papan elektronika yang saling terhubung dalam sebuah komputer. Pendek kata, dalam sebuah motherboard ada beberapa macam perangkat keras: harddisk, RAM, processor, kartu grafis, dan lain sebagainya.
Perangkat Keras Output Device
Perangkat keras ini memiliki fungsi sebagai unit keluar dari berbagai perintah yang dimasukkan. Bisa dibilang, perangkat keras ini adalah kebalikan dari perangkat keras input device. Perangkat keras unit keluaran antara lain sebagai berikut.
Perangkat keras monitor bisa dibilang sebagai wajahnya komputer. Monitor akan menampilkan gambar serta teks bahkan video terkait dengan perintah yang dimasukkan dalam komputer. Monitor memiliki resolusi atau ketajaman. Jenisnya sekarang beragam. Ada yang cembung, cekung, memiliki tabung, dan yang paling canggih layar datar, tipis, atau menggunakan teknologi LED.
Perangkat keras printer memiliki fungsi sebagai alat cetak dari perintah teks yang telah dikirimkan untuk diubah menjadi sebuah tulisan maupun gambar dalam selembar kertas. Untuk jenis printer sekarang ada beragam. Ada printer dot metrix, link jet, maupun laser jet. Sekarang tak hanya kertas yang mampu untuk di-print. Hampir semua media dapat di-print-kan. Sebut saja kaos, gelas (mug), maupun benda lainnya.
Perangkat keras speaker memiliki fungsi untuk mengubah perintah dari sinyal elektrik menjadi sebuah audio atau suara. Suara terbentuk akibat speaker menggetarkan komponennya yang berupa sebuah selaput.
Perangkat Keras Penyimpanan
Perangkat keras penyimpanan memiliki fungsi sebagai media penyimpanan dalam komputer. Data yang tersedia atau digunakan dapat dipakai lagi secara suka-suka atau sewaktu-waktu. Untuk menyimpannya, maka dibutuhkan sebuah media penyimpanan. Di dalam komputer biasanya disebut harddisk. Media penyimpanan eksternal akan dikenal dengan flashdisk serta harddisk external.
Perangkat Keras Unit Tambahan
Jenis perangkat keras ini biasanya tidak terdapat di dalam sebuah komputer namun seringkali digunakan oleh pengguna komputer ketika membutuhkan fungsi lebih. Di antaranya sebagai berikut.
Perangkat keras modem memiliki fungsi sebagai jembatan yang menghubungkan komputer dengan internet. Modem biasanya akan dijumpai dalam dua bentuk: modem dengan kabel dan nirkabel. Modem dengan kabel umumnya akan menggunakan jasa Internet Service Provider (ISP). Sementara yang tanpa kabel akan menggunakan alat yang menyerupai flashdisk.
Perangkat keras webcam adalah kamera tambahan yang sering digunakan untuk aktivitas video call. Biasnya webcam akan tersedia atau terintegrasi di laptop, netbook, atau notebook. Namun untuk personal computer, keberadaan webcam adalah eksternal atau harus ditambahkan secara manual.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar